8 Cara Membuat Email Agar Dinantikan oleh Pelanggan

8 Cara Membuat Email Dinantikan oleh Pelanggan

Seringkali kita menemukan email marketing yang telah dibuat dan dikirim kepada pelanggan tidak mendapat respon yang baik, bahkan sering kali email tidak dibuka sama sekali oleh pelanggan.

Hal tersebut merupakan permasalahan yang sering dialami oleh semua tim marketing. Membuat orang agar membuka dan membaca email adalah sesuatu yang sangat menantang.

Pada dasarnya tidak sulit untuk membuat kampanye email marketing Anda menjadi efektif agar direspon oleh para pelanggan, berikut adalah 8 cara membuat email agar dinantikan oleh pelanggan:
 
  1. Jangan Membahasa Tentang Pendaftaran Terus Menerus
    Hindari pembicaraan tentang subscriber, dan buat email yang Anda kirim seolah-olah mengirim email kepada satu orang saja. Hal ini secara singkat akan menciptakan email kita lebih personal.
     
  2. Jangan Membuang Waktu
    Buat email marketing yang berguna untuk setiap pelanggan. Tidak seluruh orang memiliki waktu untuk menyimak email yang mengandung informasi panjang.
     
  3. Buat Email yang Bermanfaat
    Anda mesti menciptakan dan mengirim email tidak saja pada saat Anda membutuhkan sesuatu dari pelanggan. Buat dan jadikan email kita berguna, ramah dan bersikap seperti layaknya teman.
     
  4. Gunakan Nama Asli
    Sertakan nama dan jabatan kita di dalam email supaya lebih personal.
     
  5. Dapat Dipercaya
    Biarkan pelanggan tahu apa yang mereka harapkan dan dapatkan dari Anda. Berikan informasi secara jelas seperti kenapa pelanggan menjadi subscriber dan menerima email Anda.
     
  6. Jangan Membuat Takut Pelanggan
    Maksud di sini ialah Anda bebas memanfaatkan mempersonalisasi email, tapi tidak boleh terlalu sering menyebutkan nama pelanggan, sebab akan terkesan Anda seperti pusat informasi atau call cente).
     
  7. Berada di Pihak Pelanggan
    Ingatkan pelanggan bahwa kita berguna untuk mereka dan memahami permasalahan serta keperluan mereka. Yakinkan pelanggan bahwa Anda dapat membantunya.
     
  8. Berikan Penghargaan untuk Pelanggan yang Membaca Email
    Pastikan bahwa orang lain mendapatkan manfaat andai mereka menyimak email Anda. Misalnya saja Anda memberikan tips yang bermanfaat sehingga  mereka merasa senang.
Demikian tips cara membuat email dinantikan oleh pelanggan, semoga bermanfaat.